Cara Menjual Telur Yang Tepat Sasaran

By | 27/07/2019

Cara Menjual Telur ke Restoran Yang Tepat SasaranTelur adalah salah satu bahan makanan yang memiliki daya tarik yang besar untuk dikonsumsi. Mayoritas masyarakat pun memiliki persediaan telur setiap harinya.

Kandungan yang terdapat pada telur pun beragam yakni meliputi vitamin E, karbohidrat, protein, lemak, mineral, fosfor, zat besi, kalsium, kolesterol, vitamin A dan masih banyak lagi.

Harga telur juga terlampau lebih murah dibandingkan dengan daging. Selain itu, telur juga tahan lama dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Dikarenakan tingginya daya tarik masyarakat untuk membeli telur maka banyak orang yang memulai bisnis telur. Hal yang pertama dilakukan adalah bagaimana cara menjual telur agar laris dan memiliki banyak pembeli.

Berikut 5 tips yang bisa dicoba untuk menjual telur.

  1.     Mengetahui kualitas telur

Memiliki pelanggan yang banyak adalah keinginan setiap penjual namun sebagai penjual kita harus memperhatikan kualitas apa yang kita jual. Saat kita menjual telur, kita harus memperhatikan kualitas telur tersebut seperti tekstur/ bengkak tidaknya telur.

Konsumen biasanya akan teliti mengecek telur yang telah dibeli, tentu kita tidak ingin konsumen kecewa dengan telur yang kita jual. Kita harus memilih supplier telur yang terpercaya dengan memperhatikan kualitas telur yang dimiliki.

Telur yang berkualitas memiliki ciri-ciri cangkang telur yang utuh/ tidak bengkak, tidak berbau busuk, tidak ada kotoran dan saat dikocok tidak bersuara.

  1.     Menggunakan wadah khusus telur

Wadah khusus untuk penjualan telur juga perlu digunakan untuk mencegah telur pecah ataupun jatuh. Apabila terdapat telur yang pecah atau busuk kita harus segera memisahkan telur tersebut dengan telur yang lainnya agar baunya tidak menyebar.

Adanya wadah khusus ini juga bermanfaat untuk menjaga telur agar tetap stabil dan tidak bergencetan dengan telur yang lain.

  1.     Menentukan harga

Ukuran menjadi penentu sebuah harga, telur yang besar tentu lebih mahal daripada telur yang kecil. Dalam menjual telur kita perlu memperhatikan strategi penjualan termasuk dalam menentukan harga.

Orang-orang biasanya akan membeli telur dalam jumlah banyak mengingat semakin murah daripada harus beli per butir. Dengan demikian, penjual dapat menaikkan harga sesuai pasar.

  1.     Menentukan cara berjualan

Cara menjual telur juga ditentukan sesuai keinginan penjualnya. Kita bisa mempertimbangkan jumlah telur yang dijual, kendaraan yang digunakan dan lokasi penjualan.

Apabila memiliki telur yang banyak kita bisa keliling menggunakan motor atau pick up, dengan berkeliling seperti ini kita bisa menjangkau tempat-tempat tertentu. Apabila ingin lebih hemat bisa berjualan keliling dengan cara jalan kaki.

  1.     Memilih lokasi strategis

Lokasi untuk berjualan telur harus strategis agar masyarakat dapat menjangkaunya. Kita bisa menggunakan lokasi di area atau wilayah sekitar warung, pasar, kios ataupun ruko. Selain itu juga bisa berjualan di sekitar area perumahan.

Hal ini dilakukan agar penjualan kita dapat maksimal dengan menjemput pembeli dari satu rumah ke rumah lain maupun menetap dalam suatu lokasi yang bisa dijangkau dengan mudah.

Demikian beberapa tips untuk berjualan telur. Untuk pemula tentu membutuhkan persiapan dan pertimbangan dalam memulai bisnis telur. Kita bisa memulainya dengan menentukan supplier penyetok telur kemudian membelinya dan memasarkannya.

Cara menjual telur dapat dilakukan dengan berkeliling maupun menetap di lokasi tertentu. Dalam menjual telur jangan lupa untuk memperhatikan kualitas telur, menggunakan wadah khusus telur, penetapan harga sesuai pasar serta menggunakan strategi pemasaran yang tepat.