Cara Memulai Bisnis Telur Biar Lancar

By | 25/07/2019

Cara Memulai Bisnis Telur Biar LancarBisnis telur merupakan salah satu usaha bisnis yang cukup menguntungkan karena sebagian masyarakat memilih telur sebagai lauk pauk utama yang kaya akan protein. Telur sendiri memiliki banyak kandungan gizi seperti mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, karbohidrat, protein dan lemak.

Kandungan gizinya pun memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan banyaknya gizi yang terkandung sekaligus manfaat yang diperoleh, masyarakat pun banyak tertarik untuk membeli telur.

Hal ini menjadi peluang bagi bisnis telur untuk memasarkan telur dan memiliki banyak pelanggan. Sebelum menjadi pebisnis telur tentunya kita harus memahami cara memulai bisnis telur dengan menerapkan beberapa tips berikut.

  1.     Memilih jenis telur

Telur merupakan salah satu hasil perkembangbiakan hewan, misalnya telur bebek, telur puyuh, telur ayam, dan lain lain. Sebagai penjual kita harus menentukan jenis telur apa yang kita jual. Jika kita memilih telur ayam maka kita juga menentukan jenis telur ayam negeri atau ayam kampung yang kita jual.

Kedua jenis telur ini memiliki ciri khas tersendiri termasuk ukuran, kandungan nutrisi dan harga. Sebagai pemula lebih baik memilih telur ayam negeri karena telah memiliki peminat banyak dan pasaran yang luas.

  1.     Menentukan supplier

Setelah memutuskan jenis telur yang jual selanjutnya adalah menentukan supplier atau pemasok besar telur ayam tersebut.

Saat ini, di Indonesia hampir setiap wilayah memiliki produksi telur ayam sehingga pasokannya pun melimpah. Kita bisa mencari pemasok telur yang besar agar mendapatkan harga yang murah. Dengan demikian keuntungan kita pun semakin bertambah banyak saat menjualnya kembali.

  1.     Menyiasati pasokan

Untuk menyiasati adanya pembelian yang membludak kita bisa menggunakan pemasok alternatif lain. Hal ini dilakukan agar stok telur tetap ada dan pembeli pun tidak kecewa. Kita dapat mencarinya di wilayah kita sendiri dan kalaupun tidak ada berarti ke wilayah atau daerah lain yang memiliki produksi telur.

Selain untuk mengatasi peningkatan pembelian, adanya pemasok lain juga dijadikan solusi apabila pemasok telur utama mengalami permasalahan.

  1.     Menentukan harga

Bisnis telur ayam memang menjanjikan, kita hanya perlu mempersiapkan cara memulai bisnis telur ini. Mengingat telur ayam banyak diminati masyarakat luas tentunya menjadi peluang tersendiri bagi para pebisnis telur.

Banyaknya agen yang menjual telur ayam tentu membuat persaingan yang semakin ketat. Kita harus meningkatkan kualitas telur dan harga jual yang kompetitif sesuai pasar. Kita tidak boleh menjual terlalu murah dan terlalu mahal. Kita harus belajar agar perputaran modal tetap stabil.

  1.     Menentukan cara memasarkan telur

Dalam menjalankan bisnis telur ayam perlu kehati-hatian karena telur ini mudah retak dan pecah. Meskipun diminati banyak masyarakat tapi kita harus senantiasa untuk mengawasi perputaran telur ayam dari pemasok ke pembeli lebih cepat. Hal ini dilakukan agar telur yang dipasarkan masih segar.

Dalam memasarkan telur sendiri terdapat berbagai cara seperti menyewa kios di pasar, berjualan keliling, membuka toko sendiri ataupun keliling dengan mobil box yang terbuka. Cara memasarkan telur ayam tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga kita perlu mempertimbangkannya.

Demikian beberapa tips untuk memulai bisnis telur ayam. Cara memulai bisnis telur ini cocok diterapkan untuk para pebisnis pemula. Bisnis telur ayam memang cukup menjanjikan karena peminatnya yang banyak sehingga peluang keuntungan pun terbuka lebar. Semoga bermanfaat.